Sabtu, 08 Maret 2008

Terungkap Penyebab Tenggelamnya Titanic


Headline
dailymail.co.uk
London – Bongkahan es mengirim Titanic ke jalur kehancurannya. Ahli baru saja menemukan rahasia bagaimana bongkahan es itu bisa ada di jalur Titanic saat itu. Ingin tahu?
Menurut para astronom, bulan berada pada titik terdekat Bumi dalam 1.400 tahun terakhir. Peristiwa bulan sekali seumur hidup itu menciptakan pasang super tinggi pada 12 Januari 1912 yang melepaskan bongkahan es mematikan itu, tepatnya tiga bulan sebelum Titanic karam pada 14 April 1912 yang menelan korban 1.500 jiwa.
Laut pasang ini melepaskan bongkahan es di perairan dangkal di pesisir Labrador dan Newfoundland dan mengisi jalur itu dengan es. Medan es di lokasi Titanic karam sangat tebal dan memaksa tim penyelamat bergerak lambat.
“Pada 4 Januari itu, bulan berada di titik terdekat Bumi dan ini memaksimalkan daya pasang di lautan Bumi,” kata fisikawan Texas Donald Olson.
Pada umumnya, bongkahan es tak bisa bergerak namun tidak di kasus ini.
“Bongkahan es bergerak ke selatan dan masuk jalur Titanic. Ini menjadi skenario paling mungkin terjadi. Tentunya, penyebab utama kecelakaan itu adalah kapal menabrak bongkahan es saat Titanic gagal melambat,” tutupnya seperti dikutip DM.

 
http://teknologi.inilah.com/read/detail/1838018/terungkap-penyebab-tenggelamnya-titanic

KOTAK KOMENTAR

nb : Jika Kotak Komentar Tidak Muncul, Di Refresh Aja Ya Sobat Muda (tekan F5)

jika diwebsite ini anda menemukan artikel dengan informasi dan konten yang salah, tidak akurat, bersifat menyesatkan, bersifat memfitnah, bersifat asusila, mengandung pornografi, bersifat diskriminasi atau rasis mohon untuk berkenan menghubungi kami di sini agar segera kami hapus.
◄ Newer Post Older Post ►
 

© Go Buku Powered by Blogger